BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 01 November 2009

Adiwiyata

Kata ADIWIYATA berasal dari 2 kata Sansekerta “ADI” dan “WIYATA”. “ADI” mempunyai ,makna : besar, agung, baik, ideal atau sempurna. WIYATA mempunyai makna : tempat dimana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Jadi, ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna : Tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan.
Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah agar menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya), sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.
Sampai saat ini, SMAN 2 Probolinggo telah mendapat gelar adiwiyata berkali - kali sehingga dibangunlah tugu adiwiyata di taman dekat pintu masuk SMAN 2. Betapa bangganya saya menjadi murid SMAN 2 yang terkenal gengan sekolah adiwiyata.
Banyak aturan - aturan yang dibuat dalam hal lingkungan, namun masih banyak siswa - siswi SMAN 2 yang melanggar aturan itu.

0 komentar: